Sistem operasi windows terdiri dari sistem 32 bit dan sistem 64 bit, perbedaan kedua teknologi ini merupakan pengembangan dari sejarah perkembangan sistem komputer.

Perkembangan Sistem Komputer

Pada awalnya sistem komputer bermula dari 4 bit, yang diwakili oleh processor intel 4004 pada tahun 1971. Kemunculan processor ini kemudian diikuti dengan kemunculan processor 8 bit, di masa ini tersedia berbagai game legendaris yang berjalan dalam komputasi 8 bit seperti Pacman.

Intel 8088 menjadi processor berikutnya berbasis 16 bit hingga akhirnya muncul processor 32 bit seperti generasi intel Pentium.

Sistem 32 bit mampu menjalankan dua pangkat 32 process dalam satu waktu. Namun perkembangan dunia digital dan masifnya teknologi pemrosesan berbasis multimedia membuat kebutuhan sistem yang lebih baik dibutuhkan sehingga muncullah sistem 64 bit.

Kekurangan Sistem 32 Bit

Sistem 32 bit tidak dapat membaca RAM yang lebih besar dari 4 GB, sedangkan kebutuhan RAM meningkat, sistem 32 bit hanya mampu memproses 3.2 GB RAM. Itulah sebabnya jika kita memiliki RAM 4GB atau lebih disarankan menggunakan sistem 64 bit agar RAM dapat digunakan secara optimal.

Kemampuan sistem 32 bit hanya dapat memproses 232 data sedangkan aplikasi multimedia umumnya membutuhkan kemampuan yang lebih tinggi. Meski demikian sistem 32 bit mampu menjalankan aplikasi 16 bit, dan dapat bekerja optimal dengan resource sederhana

Keunggulan Sistem Operasi 64 Bit

Sistem 64 bit dapat menjalankan software 32 bit dan mampu membuat kinerja procesor lebih optimal. Sistem ini juga mampu berjalan lebih cepat dan efisien karena memiliki kemampuan menjalankan 264 bit operasi dalam satu waktu atau dua kali lipat kemampuan processor 32 bit.

Processor 64 bit dapat menjalankan OS 32 bit secara maksimal namun tidak berlaku sebaliknya. Ia juga dapat menggunakan RAM besar yang cocok untuk kebutuhan gaming dan multimedia saat ini

sistem operasi 64 bit

Cara Mengecek Sistem Operasi 32 dan 64 Bit

Untuk mengecek sistem operasi 32 dan 64 bit caranya sangat mudah

  1. Buka Windows Explorer
  2. Klik kanan di bagian My Computer
  3. Pilih Properties
  4. Sistem akan menampilkan jenis sistem operasi, RAM terinstall dan juga bit system yang digunakan.

Selain itu, untuk melihat apakah sistem tersebut 64 bit atau bukan bisa dilihat dari Drive C:\. Aplikasi berbasis 32 bit akan ditaruh di folder C:\Program Files (x86)\ sedangkan aplikasi 64 bit berada di folder C:\Program Files\

Leave a Reply

Your email address will not be published.