Selamat Jalan Prof BJ Habibie

No Comments
presiden bj habibie wafat

Kabar duka menyelimuti segenap bangsa Indonesia saat Presiden Ketiga, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Hari Rabu petang tanggal 11 September 2019. Pemerintah Republik Indonesia, lewat edaran Menteri Sekretaris Negara menyatakan masa berkabung selama 3 hari mulai tanggal 12 September – 14 September 2019 dengan mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan atas kepergian beliau.

Selain dikenal sebagai Presiden Ketiga, BJ Habibie juga dikenal seorang insinyur penerbangan yang memiliki 46 hak paten di dunia. Salah satu teorinya yang dikenal adalah Habibie Theory, teori ini digunakan untuk menentukan titik retak pesawat akibat kelelahan material penerbangan. Dengan adanya teori ini, kecelakaan pesawat akibat sayap patah sebelum era 60an berhasil direduksi secara signifikan hingga masa kini. Beliau mendapat julukan Mr Crack karena penemuannya ini.

Catatan lain mengenai beliau adalah kecintaannya terhadap NKRI, beliau secara suka rela meninggalkan posisinya sebagai Wakil Direktur di Messerschmitt-Bölkow-Blohm, Jerman agar dapat mengabdikan ilmunya untuk kemajuan NKRI. BJ Habibie, menginginkan Indonesia berubah dari sekedar negara yang mengandalkan pertanian menjadi negara pemegang teknologi besar. Dari tangan dinginnya kemudian muncul berbagai perusahaan teknologi penting yang sebelumnya tidak dimiliki Indonesia, IPTN, Pindad dan PAL. BJ Habibie juga secara tegas menolak pemberian status warga negara kehormatan oleh pemerintah Jerman karena Indonesia tidak mengenal sistem kewarganegaraan ganda.

Di tangan beliaulah, Indonesia mampu membuat pesawat sendiri CN235 dan CN250, sayangnya krisis moneter yang menimpa Indonesia membuat Indonesia harus mengubur mimpi memproduksi secara massal pesawat CN250. Di akhir usianya, beliau masih tetap berusaha menginisiasi prototype pesawat R80 yang nantinya dapat digunakan untuk menjangkau pulau-pulau kecil di NKRI.

Selamat Jalan Prof, terimakasih telah menjadi inspirasi bangsa Indonesia

Segenap Keluarga Besar SMK Bina Harapan

Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Presiden Ketiga Indonesia

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *